Memilih Vitamin yang Tepat untuk Anak yang Susah Makan - Dunia Anak

 Cara Memilih Vitamin yang Tepat Untuk Anak yang Susah Makan

Memberikan vitamin kerap menjadi solusi bagi orang tua untuk si kecil yang susah makan agar tidak kekurang gizi dalam tubuh mereka. Pemberian vitamin juga dirasakan sangat perlu bagi anak yang susah makan, supaya mereka juga tidak mudah sakit. Lantas apa saja vitamin penambah nafsu makan si kecil agar lebih lahap makannya? . . .

Kurangnya nafsu makan pada si kecil dapat dipengaruhi banyak faktor pertumbuhan, entah karena si kecil suka pilih-pilih makanan, lebih memilih untuk banyak bermain ketimbang makan, atau ada masalah kesehatan tertentu yang dialami oleh si kecil, seperti batuk, pilek atau radang tenggorokan sehingga si kecil malas untuk makan, Adapun Vitamin yang umumnya di gunakan untuk anak yang susah makan adalah sebagai berikut :

1. Zinc

Kekurang zinc mampu mempengaruhi rasa makan yang dikonsumsi. Aupan zinc yang mencukupi juga berdampak pada nafsu makan si kecil. Saat kekurangan zinc tubuh anak akan menghasilkan banyak zat asam amino yang mampu merangsang nafsu makan. Terlalu banyak zat asam amino membuat tubuh akan menjadi kebal terhadap selera makan. Akhirnya, nafsu makan anak pun akan berkurang. Menurut Permenkes RI Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi, Asupan zinc harian untuk anak-anak usia 1 hingga 9 tahun adalah sekitar 3-5 miligram, Sementara untuk anak usia 10 sampai 15 tahun membutuhkan 8-11 mg zinc per harinya.

2. Vitamin B

Vitamin B khususnya B-1 atau tiamin untuk mengontrol rasa kenyang, Saat kekurang vitamin B-1 tubuh si kecil seolah-olah terasa kenyang meski asupan makan belum mencukupi, Rasa "kenyak palsu" inilah menyebabkan kurangnya nafsu makan yang banyak di alami oleh si kecil.

3. Minyak Ikan

Minyak Ikan yang umumnya beredar dipasaran ditargetkan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak. Rupanya Minyak Ikan juga mampu di jadikan sebagai vitamin untuk anak yang susah makan. Menurut penelitian yang dilakukan Depertemen Ilmu Gizi di Universitas Copenhagen, rasa kenyang yang di rasakan oleh si kecil akan berkurang setelah mengonsumsi minyak ikan. Oleh karena itu, munyak ikan juga bisa menjadi salah satu pilihan vitamin untuk anak yang susah makan.

4. Vitamin D

Jika anak memilih riwayat alergi terhadap makan tertentu, mereka akan menjadi susah makan. Asupan vitamin D mereka pun akan berkurang. Hal ini juga membuat vitamin D bisa di jadikan pilihan sebagai vitamin penambah nafsu makan yang bagus untuk anak yang susah makan. Menurut temuan yang di publikasikan Journal of Cellular and Molecular Medicine. Apabila kurangnya asupan vitamin D yang diterima tubuh si kecil meningkat, resiko akibat alergi makanan. Selain pertumbuhan vitamin D juga sangat mampu memperkuat tulang bagi anak-anak. kekuatan tulang sangat penting dang sangat berpengaruh bagi proses tumbuh kembang anak. Maka dari itu, anak-anak sangat dianjurkan mengonsumsi vitamin D sebesar 400 IU per harinya, bahkan sejak mereka bayi.



Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Mendidik Anak Agar Lebih Mandiri

Kenali Demam Biasa Anak dengan 10 Tanda Demam Akan Tumbuhnya Gigi