Memilih Vitamin yang Tepat untuk Anak yang Susah Makan - Dunia Anak

Image
  Cara Memilih Vitamin yang Tepat Untuk Anak yang Susah Makan Memberikan vitamin kerap menjadi solusi bagi orang tua untuk si kecil yang susah makan agar tidak kekurang gizi dalam tubuh mereka. Pemberian vitamin juga dirasakan sangat perlu bagi anak yang susah makan, supaya mereka juga tidak mudah sakit. Lantas apa saja vitamin penambah nafsu makan si kecil agar lebih lahap makannya? . . . Kurangnya nafsu makan pada si kecil dapat dipengaruhi banyak faktor pertumbuhan, entah karena si kecil suka pilih-pilih makanan, lebih memilih untuk banyak bermain ketimbang makan, atau ada masalah kesehatan tertentu yang dialami oleh si kecil, seperti batuk, pilek atau radang tenggorokan sehingga si kecil malas untuk makan, Adapun Vitamin yang umumnya di gunakan untuk anak yang susah makan adalah sebagai berikut : 1. Zinc Kekurang zinc mampu mempengaruhi rasa makan yang dikonsumsi. Aupan zinc yang mencukupi juga berdampak pada nafsu makan si kecil. Saat kekurangan zinc tubuh anak akan menghasilkan b

Cara Mudah Mendidik Anak Agar Lebih Mandiri

 Cara Mudah Mendidik Anak Agar Mudah Mandiri !

Kemandirian seorang anak merupakan hal yang sangat perlu diajarkan kepada anak sejak usia dini, Meskipun seringkali kita sebagai orang tua merasa tidak tega dengan apa yang harus dilakukannya dengan mandiri, namun dengan cara mengajarkan anak mandiri sejak kecil bisa memberikan contoh dan pengaruh yang baik untuk anak saat ia akan beranjak dewasa nanti. Cara melatih agar buah hati lebih bisa mandiri dimulai dari hal-hal sederhana  dulu ya Bun, Berikut ini adalah beberapa cara yeng bisa Bunda dan Buah hati lakukan untuk mendidik anak agar lebih bisa mandiri lagi.

1. Membiasakan Buah Hati Membereskan Mainannya Sendiri

Hal sederhana yang harus Bunda dan Buah hati lakukan lakukan untuk mendidik anak agar lebih mandiri adalah dengan membiasakan buah hati untuk membereskan mainannya setelah selasai bermain atau menggunakannya. Pada awalnya Bunda bisa membantu buah hati untuk mengumpulkan mainan yang berserakan dalam satu keranjang khusus untuk di kembalikan ketempat biasa mainan diletak. Dengan demikian secara perlahan-lahan si kecil akan memahami akan tanggung jawab dengan apa yang telah diperbuatnya dan secara tidak sadar kemandiriannya akan tertanam dalam memori ingatannya

2. Ajarkan Buah Hati Untuk Mencuci Tangannya Sendiri

Bunda selalu mengingatka kepada buah hati agar selalu mencuci tangan dan menjelaskan pentingnya melakukan cuci tangan untuk mencegah masuknya bakteri kedalam tubuh dan baik pula untuk kesehatan tubuh. Usahakan mencuci tangan bisa Bunda dan Buah hati jadikan salah satu cara untuk melatih si kecil agar lebih hidup mandiri. Ajarkan dan contohkan mengenai cara mencuci tangannya sendiri setelah selesai bermain, mau makan atau setelah ke toilet.

3. Ajarkan Toilet Training  ( Cuci Sendiri )

Saat si kecil sudah mulai beranjak besar, saatnya untuk Bunda melatihnya melakukan toilet training, Biasanya toilet training mulai dilakukan saat usia anak 2,5 - 3,5 tahun. Ketika anak sudah mulai bisa bicara dengan jelas dan juga sudah bisa membedakan keinginan untuk BAB atau BAK saat itulah toilet training dapat dilakukan oleh Bunda. Toilet training sebaiknya dilakukan ketika si kecil sudah bisa melepas celananya dengan sendiri. Dengan cara mengajarkan toilet training, bunda dan buah hati secara tidak langsung sudah melatih si kecil untuk jadi hidup lebih mandiri lagi karena tak perlu lagi ditemani saat hendak ke toilet.

4. Ajarkan Sikat Gigi Bersama Ketika Akan Tidur Malam

Menjaga kebersihan mulut dan gigi sangatlah penting dilakukan untuk menjaga kesehatan buah hati, salah satu hal yang paling wajib diajarkan sejak anak berusia dini adalah menyikat gigi sebelum tidur malam. Bunda dapat mengajak buah hati untuk ikut serta menyikat gigi bersama sebelum tidur dan proses ini juga melatih kemandirian buah hati bunda. Dengan melihat Bunda menyikat gigi sebelum tidur maka buah hati juga akan belajar untuk melakukan hal yang sama dengan kemampuannya sendiri, karena pada hakikatnya anak akan mencoba serta menirukan tentang hal apa saja yang ada dilingkungan sekitarnya.

5. Memilih dan  Cara Memakai Pakaian Sendiri

Setiap ada masanya untuk tertarik memilih pakaian yang akan dipakainya, ketika akan beranjak besar anak pasti akan penasaran untuk memulai menggunakan pakaian serta warna warni baju yang akan dipakainya. Hal ini ternyata bisa Bunda manfaatkan sekaligus melatih kemandirian buah hati, Meskipun pada awalnya ia akan kesulitan dan butuh bantuan bunda ketika akan menggunakan pakaiannya sendiri, tapi biarkanlah anak berusaha terlebih dahulu untuk melatih kemandirian dan keaktifan buah hati.

6. Ajarkan Anak Bermain dengan Anak Lain

Bermain didalam rumah memang sangat menjamin si kecil akan lebih merasa aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. Usahakan si kecil sesekali bermain diluar rumah dan bersosialisasi dengan anak lain yang ada disekitarnya ini bisa membuatnya jadi pribadi yang lebih mandiri. Tapi meskipun begitu bunda sebaiknya tetap mengawasi si kecil ya. Jangan sampai si kecil terlepas dari pandangan dan pengawasan bunda malah justru bisa membahaya buah hati bunda.

7. Berikan Anak Tugas Sederhana di Rumah

Melatih anak mandiri juga bisa bunda lakukan dengan cara memberikan tugas rumah sederhana untuknya, Bunda bisa mencba meminta anak untuk menaruh tempat makannya kedapur setelah selesai makan atau membuang bungkus snak yang telah ia habiskan ke tempat sambah. Dengan tugas rumah sederhana ini secara tidak langsung buah hati akan terbiasa untuk melakukan hal mandiri hingga ia beranjak dewasa nanti.

Selamat Mencoba ya Bunda, semoga buah hati kita lebih bisa mandiri lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Memilih Vitamin yang Tepat untuk Anak yang Susah Makan - Dunia Anak

Kenali Demam Biasa Anak dengan 10 Tanda Demam Akan Tumbuhnya Gigi