Kenalkan Jiwa Wirausaha kepada Anak dengan Usaha-Usaha Ini

Jiwa wirausaha merupakan modal kemandirian, tanggung jawab, dan kreativitas seseorang dalam mengarungi kehidupan. Penanaman karakter ini pada anak-anak, akan membentuk mereka menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah. Mereka pun tumbuh sebagai manusia berbudi pekerti dan mampu bertahan dalam situasi sulit.
Lalu, bagaimana cara menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak? Berikut ini ada lima tips yang bisa diterapkan.

1.       Ajarkan Cara Mengambil Keputusan
Saat si kecil berumur di bawah lima tahun, berikan ia kesempatan untuk memilih salah satu di antara dua hal. Sebagai contoh, ketika mau makan, tanyakan padanya, ingin lauk daging kambing atau ayam. Nah, setelah anak memasuki usia sekolah, cobalah memberikan tiga atau empat opsi. Misalnya, dengan menanyakan, lebih suka ternak kambing, domba, atau sapi.

2.       Biarkan si Kecil Belajar dari Kesalahannya
Semua anak kecil pasti pernah melakukan kesalahan. Tugas orang tua adalah memberitahukan pelajaran berharga di balik kesalahan itu. Katakan pada si buah hati, sebuah kesalahan tak perlu berlarut-larut disesali. Ia hanya perlu bangkit, optimis, dan tidak mengulanginya di masa depan.

3.       Berikan Sebuah Tanggung Jawab
Ini adalah cara paling mudah untuk menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak. Anda bisa menerapkannya ketika anak memasuki umur satu tahun. Berikan tanggung jawab mulai dari hal kecil, misalnya minta si kecil merapikan mainan saat tidak digunakan.

Ketika anak menginjak usia sekolah, berikan tanggung jawab yang lebih besar. Sebagai contoh, setiap pulang sekolah, biasakan untuk meletakkan sepatu di raknya, berganti pakaian, lalu makan. Pembiasaan ini harus dilakukan secara kontinyu agar melekat dalam kepribadian si buah hati.

4.       Latih Jiwa Kepemimpinannya
Melatih jiwa kepemimpinan anak, pun bisa menumbuhkan karakter wirausaha. Salah satu caranya dengan membiarkan ia melakukan kebaikan. Sebagai contoh, buah hati Anda melihat ternak kambing yang terjebak di selokan. Seketika, ia ingin menolongnya. Jangan dicegah, berikan kesempatan padanya untuk membantu hewan itu keluar dari parit.

5.       Tumbuhkan Bakatnya
Mungkin, inilah bagian paling sulit bagi orang tua. Pasalnya, tidak sedikit yang menginginkan anak tumbuh sesuai kehendaknya. Padahal, hal itu bisa menghambat perkembangan jiwa wirausaha si kecil.

Solusinya, coba biarkan si buah hati menggali minatnya. Kalau si kecil menyukai domba, berikan kesempatan padanya untuk memeliharanya. Contoh lain, saat anak menggemari teknologi, Anda bisa mendorongnya untuk mempelajari berbagai macam aplikasi. Misalnya, mengenalkan startup angon.id, yang mengulas seputar ternak online.

Menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak, butuh peranan orang tua. Untuk itu, para orang tua harus memperhatikan perkembangan buah hatinya. Siapa tahu, kelak ia menjadi wirausaha sukses di berbagai bidang. Mungkin, bidang teknologi, ternak domba, atau pertanian.

Artikel Terkait

Kenalkan Jiwa Wirausaha kepada Anak dengan Usaha-Usaha Ini
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email