Porsi Tidur Anak Sesuai Dengan Usianya


Walaupun anak perlu banyak bergerak, tetapi anak juga perlu istirahat yang cukup dan berkualitas. Bayi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur selama 16 jam per hari, dengan tidur pendek di pagi/ siang/sore, sedangkan di waktu malam hari bayi bisa tidur lebih lama. Semakin dewasa usia anak, maka kebutuhan tidurnya pun semakin berkurang, tetapi jika anak sudah masuk usia sekolah, sebaiknya porsi tidurnya jangan sampai kurang dari 9 jam/ hari.

Porsi tidur yang cukup sangat bermanfaat bagi pertumbuhan fisik, emosi, dan kecerdasan pada anak. Tidur dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh anak dan berperan penting dalam pertumbuhan otot, tulang, kulit. Tidur yang cukup juga bagus untuk perkembangan otak dalam mengolah data.

Penuhi kebutuhan tidur anak, karena anak akan cenderung lebih bahagia, tidak mudah rewel, meningkatkan hormon nafsu makan, sehingga dengan cukup tidur pertumbuhan anak akan lebih mudah mencapai puncak optimal.

Berikut adalah kebutuhan tidur anak dilihat dari usianya.

Bayi usia 0-3 bulan

Jam biologis belum dimiliki oleh bayi yang baru lahir, bahkan bayi yang baru lahir dalam sehari dapat tidur selama 15-18 jam. Di usia 6 minggu jam biologis bayi baru mulai berkembang, siklus tidur yang teratur akan dimiliki bayi yang sudah berusia 3 bulan, bayi tidak ada lagi kebingungan antara siang dan malam.

2. Bayi yang usianya antara 4-12 bulan

Di usia ini bayi memerlukan tidur kurang lebih selama 15 jam dalam sehari, pola tidur bayi sudah lebih teratur.

3. Anak usia 1 sampai 3 tahun

Balita yang usia 1 sampai 3 tahun biasanya butuh tidur 10 sampai 13 jam dalam sehari, anak balita membutuhkan tidur siang selama kurang lebih 1 hingga 3 jam.

4. Anak usia 3 sampai 5 tahun

Balita usia 3 sampai 5 tahun biasanya masih membutuhkan tidur siang tetapi tidak terlalu lama, dan porsi tidur balita seusia ini 10 sampai 12 jam sehari, apabila malam hari anak seusia ini akan tidur lebih awal.

Agar si kecil tidur dengan lelap, buatlah jadwal tidur pada anak, bacakan dongeng sebelum tidur dan berikan suasana kamar yang nyaman dengan cahaya lampu temaram.

Itulah porsi tidur ideal anak sesuai dengan usianya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Porsi Tidur Anak Sesuai Dengan Usianya
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 komentar

12 April 2017 06.48 delete

info yang sangat bermanfaat Mom http://bit.ly/2o2mAJl

Reply
avatar
13 April 2017 04.56 delete

info yang sangat bermanfaat Mom, Ijin Sharing ya http://goo.gl/aaTVE1

Reply
avatar