Cara Menangani Anak yang Berkata Kasar


Anak memiliki kemampuan meniru yang sangat baik, semua yang dilakukan dan diucapkan oleh orang sekitarnya direkam dan akan ditirunya di kemudian hari, termasuk berkata kasar.

Anak mungkin tidak tahun dan tidak ada perasaan bersalah saat mengucapkan kata kasar tersebut, mungkin karena belum mengetahui apa arti dari kata yang diucapkannya. Akan tetapi, perkataan tersebut tetaplah tidak baik untuk diucapkan.

Orangtua harus mengetahui penyebab anak berbicara kasar, supaya lebih mudah mencegah anak mengucapkan hal tersebut.

Penyebab anak berbicara kasar diantaranya adalah


Anak meniru dari lingkungan rumah

Anak-anak sangat mudah terpengaruh dengan lingkungan di sekitarnya, salah satunya adalah lingkungan keluarga. Lingkungan rumah sangat berpengaruh dalam membentuk sifat anak. Dalam memori anak, ucapan yang ada di lingkungan keluarga akan mudah untuk diingat, sehingga kata-kata kasar yang diucapkan oleh orang tuanya bisa ditiru anak. 

2. Anak mencontoh tayangan televisi

Tayangan televisi mampu membentuk pola berpikir anak, termasuk kata-kata yang sering terdengar dari televisi, adegan sinetron atau pun film yang bernuansa kekerasan sering terlihat di televisi, sehingga anak yang menonton tayangan tersebut akan berpotensi meniru nya.

3. Anak terpengaruh dari lingkungan luar rumah

Lingkungan yang sehat merupakan hal yang harus di dapatkan. Seringkali banyak ucapan kasar yang terdengar di lingkungan luar rumah, dan hal ini mungkin bisa mempengaruhi anak-anak untuk meniru perkataan tersebut.

Cara Menangani Anak yang Berkata Kasar


1. Jika anak berkata kasar untuk yang pertama kalinya

Tidak perlu memberi hukuman kepadanya, tapi anda bisa menasehatinya dengan cara menggenggam tangan si anak, lalu tatap matanya dan beri tau bahwa kata tersebut tidak boleh untuk diucapkan. Katakan kepada si anak, jika itu merupakan kata-kata yang kasar dan jelek sekali, dan katakan kepadanya bahwa ibu bisa sedih kalau kamu mengucapkan kata-kata itu, dan orang yang mendengar perkataan itu akan marah kepadamu.

Tanyakan darimana dia mendengar perkataan tersebut, sehingga anda bisa mewaspadai sumber-sumbernya, dan anak tidak terpengaruh oleh sumber yang tidak baik tersebut.

2. Jika anak sudah berkata kasar yang kedua kalinya

Katakan dengan nada suara agak tegas, katakan kepadanya, bahwa ia tidak boleh mengucapkan kata itu, dan katakan kepadanya jika dia mengulangi nya lagi maka ibu akan memberi hukuman kepadanya.

3. Dan jika anak sudah mengucapkan kata kasar yang ketiga kalinya.

Bersikap tegas dan hentikan umpatan tersebut, berikan hukuman yang sekiranya pantas untuk anak anda. Dan jangan sampai hal ini menjadi kebiasaan buruk bagi anak. Orangtua hendaknya bersikap tenang ketika anak mengucapkan kata kasar, jangan memarahi dan melarang anak tanpa memberi penjelasan.

Bersabarlah menghadapi anak yang berkata kasar, utamakan sikap yang lembut dalam menghadapi anak.

Demkianlah cara menanganai anak yang berkata kasar. Namun perlu diingat, anak yang berkata kasar tidak sepenuhnya salah mereka, karena ana-anak hanya meniru apa yang ada di lingkungannya. Peran orang tua sangatlah besar dalam memberikan contoh berperilaku sopan dan santun kepada anak.

Artikel Terkait

Cara Menangani Anak yang Berkata Kasar
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email