7 Cara Komunikasi Dengan Anak


Cara komunikasi dengan anak tidak sama dengan ketika kita berkomunikasi dengan orang dewasa lainnya. Hal ini dikarenakan anak mempunyai keterbatasan tertentu, seperti kemampuan bahasa, tingkat pemahaman anak dan cara orang tua berbicara dengan anak.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan ketika berkomunikasi dengan anak.

Posisikan tubuh setinggi anak dan jaga jarak, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat

Orang tua bisa jongkok atau duduk agar posisi sejajar dengan anak. Selain itu jaga jarak dengan anak agar dapat melakukan kontak mata.

Berikan pesan yang singkat

Kemampuan bahasa dan daya ingat anak masih terbatas, sehingga ketika berbicara dengan anak, sampaikan kalimat yang singkat supaya anak mudah memahami dan mengingat informasi yang disampaikan.

Gunakan bahasa yang jelas dan spesifik

Dengan keterbatasan bahasa yang dimiliki oleh anak, kemampuan anak untuk memahami informasi yang disampaikan masih terbatas. Sebaiknya gunakan bahasa yang jelas dan spesifik agar anak paham dengan apa yang diharapkan orang tua. Misal ketika orang tua ingin memberi tahu anak untuk tenang ketika menghadiri suatu acara, hindari menggunakan kalimat “Nak, tidak boleh seperti itu”. Kalimat “seperti itu” masih kurang spesifik bagi anak. Mereka masih belum bisa memahami sehingga akan lebih baik disampaikan dengan kalimat “sssst, tidak boleh berbicara ya”. Dengan berkata seperti itu anak bisa lebih memahami apa yang diharapkan oleh orang tua. 

Bangun dan jaga kontak mata

Biasakan menatap mata ketika berbicara dengan anak sehingga anak akan melihat ekspresi orang tua. Hal itu akan memudahkan anak untuk memahami informasi yang disampaikan orang tua.

Gunakan petunjuk visual jika memungkinkan 

Pemikiran anak masih bersifat konkrit, menggunakan petunjuk visual ketika berbicara dengan anak akan lebih membantu. Misal ketika orang tua meminta bantuan anak untuk mengambil barang, orang tua meminta bantuan sambil memperlihatkan barang yang dimaksud.

Cek untuk pemahaman

Minta anak untuk menceritakan hal yang disampaikan oleh orang tua. Hal itu digunakan untuk melihat apakah anak sudah memahami dengan benar hal yang disampaikan oleh orang tua.

Dorong anak untuk bertanya 

Berikan kesempatan pada anak untuk bertanya mengenai hal yang disampaikan tadi sehingga anak tahu apa yang harus dilakukan.

Nah itulah 7 cara komunikasi dengan anak yang bisa anda praktikkan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

7 Cara Komunikasi Dengan Anak
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email