6 Cara Membuat Anak Menyukai Buku

anak menyukai buku

Buku merupakan jendela dunia, dimana kita bisa mengetahui apa saja melalui buku tanpa harus melihat wujudnya. Untuk mengetahui hal tersebut tentu saja bisa dilakukan dengan membaca buku. Tetapi bagaimana mau membaca kalau anak kurang tertarik.

Nah berikut ini beberapa cara yang mungkin dapat membangkitkan kecintaan anak-anak terhadap buku:

Pilih buku sesuai usia anak

Untuk anak dibawah 5 tahun, pilih buku yang tulisannya sedikit tapi gambarnya besar sehingga menstimulasi anak untuk berimajinasi dengan buku tersebut. Namun jika anak sudah lebih besar, sudah mampu menangkap banyak cerita sehingga tidak masalah dengan tulisan yang banyak.

Ajak anak membaca buku yang disukainya

Perlihatkan beberapa buku pada anak. Anda sedikit bercerita tentang buku tersebut. Biarkan anak melihat-lihat buku tersebut dan ketika anak sudah terlihat tertarik pada satu buku, tanyakan apakah anak mau dibacakan buku tersebut, perhatikan reaksinya, kalau anak setuju, segera bacakan dan kalau anak menolak, biarkan anak melihat-lihat buku tersebut.

Mengajak anak ke perpustakaan

Terkadang anak sulit untuk diajak ke perpustakaan, tetapi pasti ada suatu kejadian yang dapat mengajak anak untuk ke perpustakaan. Misal, ketika anak bertanya tentang kenapa benda bisa terapung atau kenapa es bisa mencair. Nah momen tersebut dapat digunakan untuk mengajak anak ke perpustakaan.

Gunakan kesempatan tersebut untuk mengajak anak ke perpustakaan. Dengan begitu anak akan terbiasa ketika tidak dapat menemukan jawaban, ia akan mencarinya di buku dan mendorong anak untuk membaca untuk menjawab rasa ingin tahunya.

Membantu anak menemukan penulis favorit

Setiap membaca buku, baik buku cerita fiksi atau ilmiah, biasakan memberitahu siapa penulis bukunya. Hal ini untuk mengenalkan anak tentang profesi penulis. Selain itu, dengan memberitahukan nama penulis dari buku yang di baca, akan membantu anak menemukan penulis kesukaannya. Dan ketika anak sudah menemukan penulis favorit, anak akan termotivasi untuk membaca buku yang ditulis oleh penulis kesukaannya.

Dorong anak untuk membaca buku sendiri

Ketika anak sudah mampu membaca sendiri, minta anak untuk membacakan cerita untuk anda dan berikan pujian sehingga anak termotivasi untuk mengulanginya lagi. Hal itu dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak dan meningkatkan harga dirinya kalau ia mampu melakukannya sendiri.

Namun, jika anak belum mampu membaca, bacakan cerita sambil mengenalkan beberapa huruf untuk menstimulasi kemampuan mengenal huruf.

Berikan contoh dengan membaca buku di depan anak

Terkadang orang tua hanya meminta anak untuk melakukan sesuatu tapi orang tua sendiri tidak melakukannya. Jadi ketika anda ingin anak melakukan hal yang anda inginkan, berikan contoh terlebih dahulu. Ajak anak untuk membaca buku, berikan buku pada anak dan anda juga membaca buku.

Itulah 6 cara membuat anak menyukai buku, selamat mencoba.

Artikel Terkait

6 Cara Membuat Anak Menyukai Buku
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email