5 Manfaat Permainan Memasak Untuk Anak


Permainan memasak atau masak-masakan identik dengan anak perempuan. Mungkin dari ayah-bunda sendiri juga menganggapnya demikian. Tetapi apakah anak laki-laki tidak boleh bermain masak-masakan?

Sebelum kita menyimpulkan, yuk kita lihat, apa saja sih manfaat bermain masak-masakan untuk anak.

Melatih motorik halus

Ketika bunda masak dan anak ingin ikut potong-potong, ajak saja dan kasih anak pisau mainan yang terbuat dari plastik. Kegiatan memotong mengasah kemampuan motorik halus pada anak. Selain itu, kegiatan memindahkan sayur dari wadah satu ke wadah lainnya akan melatih anak untuk menjimpit, hal itu juga dapat melatih kemampuan motorik halusnya. Penggunaan sumpit misalnya, juga dapat melatih kemampuan motorik halus untuk anak.

Mengenal bentuk

Ketika memasak, banyak barang yang digunakan, misalnya mangkok. Sambil memasak, ayah atau bunda bisa bercerita pada anak, mangkok bentuknya bulat, talenan bentuknya persegi, sendok itu tumpul dan garpu itu tajam dan sebagainya. Sehingga selain bermain, anak juga secara tidak langsung belajar. Selain mengenalkan bentuk berupa alat masak, ayah-bunda juga bisa dengan mengenalkan bentuk menggunakan sayuran, misal, wortel itu bentuknya seperti kerucut, brokoli itu bentuknya seperti jamur dan sebagainya.

Mengenal warna

Peralatan masak atau bahan yang akan dimasak biasanya berwarna warni. Ayah atau bunda bisa mengajak anak belajar mengenal warna. Misalnya ketika bunda masak sup, biasanya bahan sup ada wortel, brokoli, buncis, kubis, seledri dan sebagainya. Atau dari peralatan, misalnya mangkuk, piring dan sebagainya. Kita bisa memberitahukan warna-warna tersebut pada saat melakukan permainan memasak. Sehingga anak tahu warna dengan cara yang menyenangkan.

Belajar sains

Kok bisa ya? kegiatan atau bermain memasak dapat mengajarkan sains pada anak? Bisa saja, caranya? ayah atau bunda bisa mengajarkan sains pada anak dengan menceritakan manfaat sayur untuk tubuh, misalnya apa sih manfaat wortel untuk tubuh, kenapa kita harus makan sayur dan sebagainya. Kita juga bisa menjelaskan bagaimana proses air yang layak minum dll.

Mengasah keterampilan sosial emosional

Dengan kegiatan atau permainan memasak, anak akan mengerti proses. Misal, bagaimana masakan itu akhirnya bisa dimakan. Dengan ikut terlibat dalam aktivitas bermain memasak, anak akan lebih menghargai proses dan kerja keras orang lain dalam menyiapkan makanan sehingga diharapkan anak untuk lebih menghargai makanan.

Banyak sekali manfaat dari kegiatan dan permainan memasak. Bagaimana ayah dan bunda? sudah siap mengajak si kecil masak di dapur? Take care dan have fun ya.

Artikel Terkait

5 Manfaat Permainan Memasak Untuk Anak
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email