5 Manfaat Bermain Congklak Untuk Perkembangan Anak


Siapa yang tidak tahu permainan congklak? pasti semuanya sudah tahu ya. Yup, congklak merupakan permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak-anak pada waktu zaman dulu, tepatnya jaman saya kecil dan mungkin ayah bunda juga pernah memainkannya.

Saat ini permainan tradisional sudah tergeser oleh permainan modern. Anak-anak sekarang lebih mengenal gadget, video game dan mainan modern lainnya. Namun jangan meremehkan permainana tradisional. Banyak dari permainan tersebut justru memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan anak, termasuk bermain congklak.

Pada artikel kali ini saya akan mengupas tentang manfaat bermain congklak untuk perkembangan anak.

Melatih motorik halus

Cara bermain congklak adalah dengan mengambil biji sawo kecik dan memasukkan nya ke setiap lubang sampai habis dan kemudian mengambil lagi dan seterusnya. Kegiatan tersebut melatih anak untuk mengasah kemampuan motorik halus-nya. Mungkin pada awal bermain anak akan kesulitan untuk memasukkan satu persatu biji sawo tapi lama kelamaan kegiatan tersebut membuat tangan anak lebih luwes.

Ketika tangan anak sudah luwes dan anak sudah mampu memasukkan biji sawo dengan benar, anak akan lebih siap untuk belajar menulis.

Belajar berhitung

Ketika mulai bermain, anak belajar untuk menghitung jumlah sawo kecik dalam setiap lubang. Sehingga tidak terasa anak belajar berhitung sambil bermain.

Belajar memahami aturan

Dalam bermain congklak anak harus memasukkan satu persatu biji sawo kecik dan tidak boleh memasukkan ke lubang lawan. Hal itu mengajarkan anak untuk belajar hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Sehingga secara tidak langsung anak belajar untuk memahami aturan.

Belajar sabar

Dalam bermain congklak, anak bermain secara bergantian. Ketika sawo kecik yang dimiliki lawan belum masuk ke lubang yang kosong berarti lawan akan bermain terus, itu artinya anak harus bersabar untuk menunggu giliran ia bermain

Belajar jujur

Sawo kecik yang dimasukkan ke lubang harus satu persatu, nah dalam hal ini, apakah anak juga memasukkan satu persatu ke dalam lubang? ataukah memasukkan semua biji sawo kecil tersebut secara bersamaan?

Permainan tradisional memiliki banyak manfaat pada anak, terutama dalam membantu perkembangan mereka. Yuk jangan ragu ajak si kecil bermain permainan tradisional.

Artikel Terkait

5 Manfaat Bermain Congklak Untuk Perkembangan Anak
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

7 April 2017 22.49 delete

Thanks for sharing http://goo.gl/Tp8Vxo

Reply
avatar
15 April 2017 19.32 delete

info yang sangat bermanfaat Mom, Ijin Share ya http://bit.ly/2ouAYg6

Reply
avatar