3 Manfaat Pendidikan Pra Sekolah Pada Anak

Pendidikan Pra Sekolah

Antara lingkungan sekolah dengan lingkungan keluarga pastinya berbeda. Karena itu, agar si kecil lebih siap ketika memasuki dunia pendidikan secara formal, maka memberikan pendidikan pra-sekolah pada anak memiliki manfaat tersendiri bagi perkembangan anak.

Di sekolah, anak akan mendapat banyak teman, sehingga anak harus belajar bersosialisasi dengan orang lain sebelum dia memasuki lingkungan tersebut.

Masa pra-sekolah merupakan masa dimana anak masih selalu bersama orang tua setiap saat dan merupakan masa-masa paling bahagia dalam kehidupan anak.

Pendidikan pra-sekolah pada anak merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai masa anak menginjak bangku sekolah. Pemberian rangsangan pendidikan untuk anak dalam masa pra-sekolah akan membantu perkembangan fisik dan mental agar anak mempunyai kesiapan untuk memasuki pendidikan yang lebih lanjut. 

Pendidikan pra sekolah biasanya dilakukan untuk anak yang berusia antara 0-4 tahun, karena pada usia 4-6 tahun anak biasanya sudah mengikuti program Taman Kanak Kanak.

Untuk mengembangkan kesiapan sekolah pada anak, ada beberapa metode pembelajaran yang dapat diterapkan, Salah satunya dengan bermain bersama si anak dan membiarkan anak melakukan permainan yang mereka sukai namun tetap dalam pengawasan. Dengan bermain, anak memiliki kesempatan untuk bereksplorasi, berkreasi, mengekspresikan perasaan, dan dengan cara ini maka hubungan emosional akan terjaga.

Ajaklah anak untuk bermain di tempat umum karena hal tersebut akan berpengaruh untuk mental anak. Dengan cara yang seperti ini anak akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang ramai nantinya.

Beberapa manfaat yang didapat jika orang tua memberikan pendidikan pra-sekolah untuk anak, diantaranya adalah:

1. Aspek Sosial

Pada aspek sosial, pendidikan pra sekolah akan mempunyai peranan penting. Jika pendidikan pra-sekolah yang anda berikan dengan cara mengajak anak bersosialisi di tempat umum, maka hal ini akan membentuk pribadi anak yang mudah bergaul dan menjadi anak yang pemberani. Di kemudian hari, anak akan mudah beradaptasi di lingkungan sekolah.

2. Aspek Emosional

Kebutuhan emosional anak juga akan terpenuhi dengan adanya kesempatan untuk bereksplorasi dalam setiap permainan yang anda berikan. Emosi anak akan berkembang secara sehat jika anak mendapatkan bimbingan secara tepat dengan penuh kasih sayang.

3. Aspek Fisik

Kebutuhan Fisik merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pertumbuhan dan kesehatan fisik, misalnya makanan, udara segar, sinar matahari, tidur atau istirahat. Dengan adanya pendidikan pra sekolah yang memerlukan aktivitas fisik seperti olahraga, bermain tali, memanjat, mencoret-coret, akan mempengaruhi perkembangan otot dan motorik anak.


Berikanlah pendidikan pra-sekolah pada anak anda, karena dengan pendidikan pra-sekolah maka anak akan lebih mudah beradaptasi di lingkungan sekolah nantinya.

Artikel Terkait

3 Manfaat Pendidikan Pra Sekolah Pada Anak
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email