10 Cara Mendidik Anak untuk Disiplin

cara mendidik anak

Mendidik anak untuk disiplin memang bukan pekerjaan yang mudah. Orang tua sering kali merasa bingung dengan sikap anak yang sulit diatur dan cenderung membantah perkataan. Bahkan seringkali kita menggunakan kekerasan pada anak, baik secara fisik, misalnya memukul atau secara psikis misalnya membentak agar anak menuruti perintah orang tua. Akan tetapi, hal tersebut malah membuat anak semakin tidak mendengarkan.
Bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk mendidik anak agar disiplin? Berikut ini ada beberapa cara untuk menanamkan sikap disiplin pada anak:

Konsisten

Ada kesepakatan antara orang tua, sehingga setiap tindakan dalam menanamkan disiplin tidak berubah-ubah.

Jelas

Berikan aturan yang sederhana dan jelas sehingga anak mudah memahami dan melakukannya.

Memerhatikan harga diri anak

Jangan mengur anak dihadapan orang lain, karena hal itu akan membuat anak merasa malu sehingga tetap mempertahankan tingkah laku tersebut.

Beralasan dan dapat dipahami

Alasan dan tata tertib yang dilakukan itu perlu dijelaskan pada anak sehingga anak melakukannya dengan penuh kesadaran.

Memberi hadiah

Hadiah berupa pujian, penghargaan, barang/kegiatan (misalnya memeperbolehkan bermain, nonton tv dan lain-lain) diberikan apabila anak melakukan perilaku positif. Hal tersebut akan menumbuhkan rasa percaya diri.

Terapkan konsekuensi, bukan hukuman

Konsekuensi berbeda dengan hukuman. Hukuman lebih bersifat negatif dan berasal dari satu pihak, misal orang tua sebagai pihak yang menghukum dan anak sebagai pihak yang terhukum. Sedangkan konsekuensi adalah akibat dari suatu kesepakatan dua belah pihak yang terlanggar.
Konsekuensi selalu ada kesepakatan di awal antara dua belah pihak, misal anak dan orang tua. Ada dampak yang berbeda antara konsekuensi dengan hukuman. Ketika seorang anak mendapat hukuman, dampaknya adalah trauma atau takut, sedangkan jika anak terkena konsekuensi, itu akan membuatnya tidak mengulangi lagi kesalahan karena memiliki kesadaran dari dalam dirinya.

Luwes

Jangan terlalu kaku dalam menegakkan disiplin, sesuaikan dengan keadaan dan situasi anak.

Keterlibatan anak

Sebaiknya anak dilibatkan dalam setiap membuat tata tertib sehingga anak merasa dihargai dan diakui dalam keluarga.

Bersikap tegas

Bersikap tegas bukan berarti bersikap kasar baik dalam tindakan fisik/perbuatan maupun verbal.

Jangan emosional

Ketika anak melakukan kesalahan atau melanggar aturan, jangan terburu-buru memarahi anak, dengarkan penjelasan anak kenapa melakukan hal itu dan diskusikan.
Demkianlah 10 hal yang bisa dilakukan untuk mendidik anak agar disiplin. Apakah anda memiliki opini atau pengalaman? jangan ragu untuk membaginya dengan kami melalui kolom komentar.

Artikel Terkait

10 Cara Mendidik Anak untuk Disiplin
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email