Generasi Penuh Empati Dihadirkan Tanoto Foundation


Tanoto Foundation yang didirikan oleh keluarga Sukanto Tanoto memang dikenal sangat fokus terhadap dunia pendidikan. Salah satu wujudnya ialah pelaksanaan program beasiswa Tanoto Foundation yang rutin digelar per tahun. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat. Bukan hanya memudahkan akses pendidikan tetapi juga menghadirkan generasi penuh empati.

Penerima beasiswa Tanoto Foundation biasanya berasal dari keluarga yang kurang mampu dalam segi ekonomi. Namun, berkat dukungan Tanoto Foundation, mereka bisa menikmati pendidikan berkualitas yang sebelumnya sulit diraih.

Kemudahan itu ternyata melahirkan hati yang penuh empati. Para penerima beasiswa Tanoto Foundation yang biasa disebut sebagai Tanoto Scholars tersebut kerap menyingsingkan lengan baju untuk membantu mereka yang tertimpa kesulitan.

Salah satu contohnya adalah Rico Diah Sahputra seorang Tanoto Scholar dari Institut Teknologi Medan. Ia rela terjun langsung ke lokasi pengungsi korban letusan Gunung Sinabung untuk mengajar anak-anak di sana.

Rico memotivasi dan menyemangati anak-anak korban pengungsi supaya tidak patah semangat. Ia pun menyelipkan berbagai permainan menyenangkan agar anak-anak bisa melupakan kesulitan yang dihadapi barang sejenak.

“Kami juga membagikan makanan ringan, mainan, serta buku tulis dan buku bacaan agar mereka tetap bisa belajar," ujar Rico. Tanoto Scholar dari Institut Pertanian Bogor, Sylsilia Trinova Sembiring, juga melakukan aksi sosial seperti Rico. Ia dengan aktif menjalankan kegiatan Bina Desa di Kampung Sukadamai di Bogor. Di sana Sylsilia mengajar anak-anak agar menjaga semangat belajar mereka tetap tinggi. Kegiatan tersebut rutin dilakukan olehnya bersama dengan rekan Tanoto Scholars lain.

Aksi yang dilakukan oleh Rico dan Sylsilia hanya merupakan segelintir contoh. Sesungguhnya masih banyak kegiatan sosial lain yang dilaksanakan oleh para penerima beasiswa Tanoto Foundation. Mereka mau melakukannya karena memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Hal itu tentu tidak hadir begitu saja. Tanoto Foundation memang menyemainya dengan menggelar beragam jenis kegiatan sosial untuk pembedayaan masyarakat maupun peningkatan kualitas hidup. Semua itu dapat diikuti oleh para penerima beasiswa Tanoto Foundation.


Tanoto Foundation juga kerap menggelar beragam pelatihan dengan memanfaatkan momen Tanoto Scholars Gathering. Bersamaan dengan itu, Tanoto Foundation sering memberikan inspiring talk yang semakin menggugah kesadaran untuk berbagi kepada sesama. Hal ini dilakukan karena Sukanto Tanoto berharap agar Tanoto Scholars meneruskan berbagai hal positif kepada lebih banyak lagi orang lain serta lingkungannya, sebagai bagian dari filsafah “pay it forward” yang dianut oleh beliau dan keluarganya.

Kisah hidup Sukanto Tanoto sendiri pun seringkali menjadi inspirasi bagi para Tanoto Scholars. Di tengah keterbatasan, ia mampu meraih kesuksesan. Namun, keberhasilan yang didapat tidak membuat Sukanto Tanoto lupa diri. Ia malah terus berusaha berbagi dengan khalayak melalui Tanoto Foundation yang didirikannya. Hal itu membuat kisah hidupnya layak ditiru.

Tanoto Foundation memang sangat aktif di berbagai kegiatan sosial. Hal itu dilakukan demi mewujudkan mimpi Sukanto Tanoto untuk mengentaskan kemiskinan dari Indonesia. Ia percaya solusi pengentasan kemiskinan adalah peningkatan pendidikan, pemberdayaan masyarakat, serta menambah kualitas hidup. Otomatis tiga hal itu pula yang menjadi fokus kegiatan Tanoto Foundation.

Artikel Terkait

Generasi Penuh Empati Dihadirkan Tanoto Foundation
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email